Istri Solehah (Kajian di Mesjid Hakimah wa Rohmah)

 Sumber QS Al Ahzab: 34, 35, 36


Ayat 34
Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui

--> sebagai istri sebaiknya kita banyak mengisi waktu di rumah dengan membaca quran.

Ayat 35
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

Ayat 36
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.

Karakter islam: tunduk/patuh kepada ketetapan Allah.
Tanpa ada tunduk kpd Allah maka tdk akan ada ridha Allah.

Menurut ayat 35 di atas, perempuan yg benar memiliki ciri /karakter:
1. 5 P : pola pikir, pola hidup, pola makan, pakaian, pergaulan islami

2. sabar--> dalam menghadapi suami, anak, teman2 (lingkungan)

3. khusyu dlm ketaatan, memfokuskan diri hidup utk Allah

4. Senang bersodaqoh

5. Senang berpuasa (wajib dan sunnah)

6. Menjaga kehormatan --> menjaga aurat, tdk memasukkan lelaki bukan mahram ke rumah, termasuk chatting dg lelaki bukan mahram.

QS Attahrim : 5
Jika Nabi menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan isteri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertaubat, yang mengerjakan ibadat, yang berpuasa, yang janda dan yang perawan.

Maksudnya:
laki2 yg soleh apabila bercerai maka akan diganti Allah dg istri yg lbh baik.
Oleh krn itu sblm diganti Allah, maka kita hrs memperbaiki diri utk menjadi istri solehah.

Apa ciri perempuan solehah? Yaitu tadi: patuh, beriman, taat, bertobat, beribadah, berpuasa, baik janda maupun perawan.

QS Annisa : 34
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Arrijal : laki2 yg berilmu, tau akan kewajibannya yaitu mjd pemimpin. Arrijal bukan muzaffar (muzaffar secara istilah adalah jantan).

Perempuan akan mdp label annisa apabila ia patuh kpd suaminya.

Laki2 arrijal berhak mengambil tindakan memukul atau pisah ranjang apabila istri nusyuz (membangkang). Namun semua itu dengan keilmuan.

Al Araf: 58
Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.

Istri adalah ladang bagi suami (disebut dlm surah Al Baqarah), maka kita hrs mjd tanah yg baik, spy menumbuhkan tanaman dg subur, yaitu anak2 soleh/soleha.

Perempuan soleha harus penyayang, pintar, cekatan/aktif, sll mendukung dlm urusan agama

Ciri2 wanita buruk:
1. Ananah: banyak mengeluh
Barangsiapa yg ditimpa musibah slm 3 hari tanpa mengeluh, maka akan diampuni dosanya oleh Allah. Kalau mengeluh, artinya salatnya tdk berfungsi.
(Lihat QS al maarij: 20-23)

Apa maksudnya tidak berfungsi? Salatnya tidak mencegah dari perbuatan mungkar. Karena itu jangan hanya melaksanakan salat, tapi juga harus mendirikan salat. Apa yg dimaksud mendirikan salat? Yaitu salatnya terjaga antara satu salat dg yg lain (konsisten).

Baimun: setia dl salatnya--> salatnya berfungsi (mencegah kemungkaran)

2. Mannanah: suka mengungkit jasa. Contoh: kalau bukan karena saya (istri), kamu (suami) nggak akan seperti ini...dsb.

3. Hannanah: mengharapkan/merindukan lelaki lain --> memuji suami org lain (karakter pelakor)

4. Haddaqoh: boros.

5. Barroqoh, ada dua:
a. Mempercantik diri utk org lain
b. Sering marah2 pd makanan (tdk pernah bersyukur atas rezeki)

6. Syaddaqoh: bawel, cerewet, merepet

Wanita solehah yg menjalankan salat 5 waktu, taat pada suami, menjalankan puasa, maka dpt memilih surga dr pintu manapun juga.

Sesi tanya jawab.

Tanya: apabila istri diminta datang ke ortu, namun suami tdk mengizinkan.

QS Ali Imran:159
Hrs dimusyawarahkan dengan baik dengan suami.

Assyuaraa: 38

Bgm jika istri mengambil uang belanja utk kasih ke ibu/keluarga istri atau sodaqoh tanpa info ke suami?

Tdk apa2 asal sdh mencukupi keperluan rumah. Izin kepada suami di awal, namun utk seterusnya, jd tdk perlu terus2an izin. Bahasanya spt ini: "pak, saya akan berikan uang belanja yang tidak terpakai untuk fulan/fulanah/saya sedekahkan. Bulan depan begitu juga ya."

Sodaqoh tdk hanya uang, tp nasihat yg baik, perbuatan baik, senyum dsb juga merupakan sodaqoh. Jika tidak berkesempatan bertemu orang lain (di rumah saja), maka sodaqoh atas sendi2 tubuh dengan melaksanakan salat duha.

Tanya: bagaimana mendidik anak2 perempuan kita kelak menjadi istri yg solehah?

Semuanya harus dengan contoh dari ibunya. Serta anak tersebut diikutsertakan dlm kajian2 keislaman.

Semoga kita semua dimudahkan Allah dalam meraih cita-cita kita menjadi istri solehah. Aamiin.

Kurang & lebihnya mohon dikoreksi ya mams. Mohon maaf apabila banyak kurang & salahnya 🙏🙏


Comments

Popular posts from this blog

Marriage and Loyalty

The Year is 1994

Is Marriage Scary?